Monday, March 16, 2015

Holden Tua Yang Melegenda di Indonesia

           Saat ini banyak anak muda maupun orang tua yang menyukai mobil klasaik. tidak hanya mobil klasik buatan jepang dan amerika. Namun mobil klasik buatan australia yaitu holden mempunyai tempat tersendiri dihati pencinta mobil klask indonesia.
Beberapa mobil klasik pabrikan Holden yang melegenda diindonesia:

1. Holden Torana LC (1969-1972)

Mobil ini di indonesia tergolong langka dan menjadi buronan para kolektor. Pada awal produksinya mesin mobil ini menggunakan 4 silinder segaris dengan kapasitan mesin 1.159.cc yang menghasilkan tenaga 69hp namun seiring berjalannya waktu tenaga mobil ini di anggap kurang cukup untuk menyandang mobil sport pada jamannya maka di buatlah versi GTR yang menggunakan 6 silinder segaris yang dengan kubikasi yang besar yaitu  3.049cc /186cu OHV bahkan rekor mesin standar terbesar yang masuk kedalam kap mobil ini yaitu 3.300cc/ 2.2cu OHV inline 6 yang sangat perkasa dengan torque yang besar. Mobil ini ter dapat dua jenis yaitu 2 pintu dan 4 pintu (sedan). di indonesia holden torana 2 pintu sangatlah langka jika ada itu pun sangat mahal berkisar 80 juta untuk keadaan masih layak jalan. Namun mobil ini sangat menarik dan terlihat sekali AUSTRALIAN MUSCLE-nya:
Torana 4 pintu
image by: www.nextcar.com.au
 Torana 2 pintu
image by: c2.staticflickr.com

2. Holden Statesman (1971-1984)

Holden jenis ini lebih mudah di temukan di pasaran. Mobil ini termasuk mobil mewah di eranya namun sekarang menjadi mainan anak muda. Mobil yang tergolong panjang dan lebar ini biasanya di bekali mesin 202 cu/ 3.300cc enam silinder namun mobil ini juga di memiliki varian mesin yang lebih mumpuni yaitu 253cu/4.100cc V8, 308cu/5.000cc V8 dan 350cu/ 5.700cc Chevrolet small block V8. untuk kondisi standar jalan namun butuh restorasi sekitar 40 jutaan.
Statesman HQ :
image by: rohanphillips.com

Statesman HJ :
image by: sco.wikipedia.org
3.Holden kingswood/Belmont (1968-1974)

Mobil yang satu ini tergolong mobil sedan biasa dijamannya pada umumnya mobil ini dibelaki mesin inline six dari pabrik. mobil ini memiliki banyak varian namun diindonesia yang paling banyak varian enpat pintu sedan. untuk kondisi standar dan masik baik biasanya mobil ini dihargai 50 jutaan
image by: modifikasi.com
Holden Belmont model ute yang mirp dengan chevy el-camino
image by :wikipedia.org



4.Holden Premier
mobil ini hampir mirip dengan generasi kingswood. Di indonesia juga banyak di temukan holden jenis ini.
image by : forsalecheap.net 

5. Holden Monaro (1971-1977)

Holden jenis ini termasuk langka apa lagi yang jenis dua pintu. karena bentuknya yang mengkotak namun menawan dan sangat kental dengan aura muscle car mobil ini menjadi buruan para kolektor. Model dasar mesin standar Monaro diperbesar sampai 173 in3 (2830 cc) sementara Monaro LS memiliki spektrum yang luas dari pilihan mesin dari 202 in3 (3.310 cc) enam sampai 350 in3 (5.700 cc) V8. 
Holden Monaro 2 pintu
image by: wikipedia.org

Inilah beberapa holden yang sangat di gemari di indonesia walaupun banyak jenis yang lain namun yang telah di sebutkan termasuk mobil yang melegenda. Jika ada yang mau menambahkan silahkan..


9 comments:

  1. Timbul pertanyaan bagi saya,
    Kenapa koq holden torana sl 2850, tidak begitu di gemari kalangan muda...?
    Padahal kan saya menggemari holden torana sl 2850, saya masih muda...!!!
    Tolong jawabannya di jawab melalui via BBm, PIN:5379CF93 HP:0812-7593-1447.
    Soalnya saya lebih suka holden torana sl 2850, th 74.

    ReplyDelete
  2. FYI, klo Holden Premier kingswood, katanya di jual Mazda juga, tapi pake mesin Rotary, namanya Mazda Roadpacer AP. Tapi hasilnya tidak sukses

    ReplyDelete
  3. Pernah punya 2850 dijual karena BU .. pe skrg msh teringat detilnya...

    ReplyDelete
  4. Holden Torana SL/R 5000 kok gak ada

    ReplyDelete
  5. Statesmen hq di kanibalin mesin isuzu panther masuk ga? Thanks

    ReplyDelete
  6. Eksotis bgt bentuknya,pengen tapi BBM nya nyedot bgt mobil amrik

    ReplyDelete
  7. Cari torana bahan 085331167114

    ReplyDelete